Patung Dewi Artemis Turun Dari Langit?

Halo sobat.

Dalam Kisah Rasul Paulus di Efesus, ada huru-hara yang ditimbulkan Demetrius, seorang tukang perak yang mendapatkan keuntungan dari membuat kuil-kuilan dewi Artemis.

Demetrius merasa terancam oleh Injil yang diberitakan oleh rasul Paulus, karena itu, ia mengajak teman-temannya pergi ke gedung kesenian dengan membawa 2 orang teman seperjalanan Paulus.

Di gedung kesenian ini, mereka ribut, berteriak-teriak, ada yang bilang ini, ada yang bilang itu, kacau-balau, bahkan kebanyakan dari mereka itu tidak tahu untuk apa mereka berkumpul.

Akhirnya, ada panitera kota yang menenangkan mereka.

Yang menarik adalah panitera kota itu bilang: Siapakah di dunia ini yang tidak tahu, bahwa kota Efesuslah yang memelihara baik kuil dewi Artemis, yang mahabesar, maupun patungnya yang turun dari langit?

Nah, sobat. Tentunya kita tidak percaya bukan? Bahwa ada patung dewi yang turun dari langit?

Yang dimaksud dengan patung yang turun dari langit, mungkin adalah sebuah meteorit yang punya persamaan tertentu dengan patung dewi itu, sehingga kemudian disembah oleh orang-orang di Efesus itu.

Sumber gambar: The Roman Theatre from the Arcadian Way, Ephesus (Acts 19:29) dari artikel The silversmiths riot in Ephesus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anak-anak Skewa

Mengapa Rasul Paulus Mentahirkan Diri Ke Bait Allah?